Rabu, 24 Desember 2008

Pemerintah Australia Bantu GM Bikin Mobil Kecil

 
GM Holden
Perdana Menteri Australia saat berada di pabrik Holden untuk memberi dukungan pada industri mobil negaranya.
Artikel Terkait:
Rezeki Menghampiri GM dan Chrysler
Presiden George Bush Setujui Dana Pinjaman untuk T...
Senin, 22/12/2008 | 19:15 WIB

CANBERRA, SENIN — Setelah Pemerintah Amerika memberikan perhatian dan membantu industri otomotif mereka, kini giliran Pemerintah Australia melakukan hal yang sama.

Berdasarkan rilis yang dikeluarkan oleh Holden yang merupakan bagian dari GM global, Pemerintah Australia ikut memberi perhatian dan mengulurkan bantuan untuk mengembangkan mobil kecil yang irit energi. Direncanakan, mobil kecil tersebut akan dibuat di pabrik Holden, Elizabeth, Port Melbourne, Australia Selatan.

Tindakan revisi
Pemerintah Australia terpaksa turun tangan membantu Holden untuk memproduksi mobil kecil agar nasibnya tidak sama dengan induknya, GM dan perusahaan mobil Amerika Serikat lainnya.

Holden adalah perusahaan mobil asli dan kebanggaan Australia. Sejak awal 1980-an, perusahaan ini tidak pernah lagi membuat mobil kecil dan mengikuti kebijakan induknya di Amerika Serikat, lebih memperhatikan mobil berukuran besar.

Padahal kondisi tersebutlah yang memicu GM dan Chrysler hampir bangkrut saat ini lantaran produknya yang berukuran besar dan rakus bahan bakar mulai ditinggalkan konsumen Amerika Serikat. Bahkan, kendati sekarang ini harga bahan bakar murah, tren konsumen Amerika Serikat terus saja beralih ke mobil yang irit bahan bakar dan ramah lingkungan.

Lebih lanjut dijelaskan, mobil baru yang akan dibikin Australia itu mengambil arsitektur dari proyek global GM, Delta. Mobil ini dikembangkan oleh GM Eropa (Opel) di Russelheim, Jerman.

Produksi Holden ini akan dimulai pada kuartal ketiga 2010, menggunakan mesin 4 silinder dan injeksi langsung. Nantinya juga ditawarkan varian lain, antara lain mesin diesel, etanol E85, LPG, CNG plus hibrida dengan fitur start/stop.

“Ini visi masa depan yang telah direvisi. Kami merasa lega bisa membuat mobil baru,” kata Chairman dan Direktur Pengelola GM Holden Mark Reuss tentang keputusan perusahaannya plus dukungan dari Pemerintah Australia.

Penjualan turun
Seperti umumnya yang terjadi di negara-negara maju, penjualan mobil di negara Kangguru itu selama November juga turun. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Biro Statistik Australia, penurunan penjualan sudah terjadi selama lima bulan berturut-turut. Penjualan pada November kemaren turun 17,8 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Berubahnya strategi GM Holden karena konsumen Australia juga makin menyukai mobil kecil, irit bahan bakar, dan ramah lingkungan. Di lain hal, Pemerintah Australia juga mulai gencar memperkenalkan rezim menurunkan emisi karbon.

November lalu, Pemerintah Australia melalui Perdana Menteri Kevin Rudd telah memberikan bantuan kepada industri mobil negara tersebut sekitar 4 milyar dollar AS, di samping itu juga menurunkan pajak sehubungan dengan melemahnya ekonomi global. Saat ini, Pemerintah Australia menyediakan "dana hijau" 2,3 juta dollar Australia (1,56 juta dollar AS) untuk kendaraan ramah lingkungan.

Rudd yang hadir saat Holden mengumumkan akan membuat mobil kecil tersebut mengatakan, pemerintahnya akan memberikan bantuan 150 juta dollar Australia (102 juta dollar AS) untuk membangun pabrik mobil Australia ini.

“Mobil baru ini akan membuat konsumen mobil Australia menyukai kendaraan buatan Australia. Pasalnya, konsumsi bahan bakarnya lebih irit 20 persen plus emisi karbon yang lebih rendah dibandingkan kendaraan besar yang ada sekarang ini,” jelasnya.

Dengan adanya pabrik baru ini, Pemerintah Australia berharap bisa meningkatkan produksi industri mobil domestiknya 320.000 kendaraan per tahun. Diharapkan pabrik baru ini bisa menampung 500-600 orang untuk pabrik mobil dan sisanya adalah para vendor yang mencapai 500-600 suplier.

Ditambahkan, pabrik baru ini akan memberikan kontribusi ekonomi antara lain 70 juta-80 juta dollar Australia untuk upah, dan 30 juta dollar untuk riset dan pengembangan.

“Ini adalah apresiasi buat Pemerintah untuk mengurangi ketergantungan Australia pada minyak asing dan membuat mobil semakin ramah terhadap lingkungan,” timpal Mark Reuss.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

thanks